Origami (折り紙, dari ori yang berarti "lipat", dan kami yang berarti "kertas") merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern.

Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts'ai Lun.

Pembuatan kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah meningkatkan produksi kertas. Contoh-contoh awal origami yang berasal dari Tiongkok adalah tongkang (jung) dan kotak.

Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 pada masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta. Kemudian seni ini berkembang mula-mula pada zaman Muromachi (1333-1568) dan kemudian pada zaman Edo (1603–1868). Karena harganya yang sangat mahal pada masa itu, penggunaannya terbatas hanya pada kegiatan-kegiatan seremonial seperti untuk Noshi. Terpisah dari itu, berkembang pula kesenian melipat kertas di Eropa, yang disebarkan dari Mesir dan Mesopotamia ke Spanyol pada abad ke-16 dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa barat.

Sebuah karya origami tradisional berbentuk bangau. Untuk waktu yang lama, model-model yang dikenal hanya terbatas pada model-model tradisional seperti bangau di Jepang dan pajarita di Spanyol. Akira Yoshizawa(1911–2005) membuat inovasi dengan menciptakan model-model baru yang kemudian membawa perubahan besar dalam perkembangan origami. Beliau menciptakan sebuah sistem penggambaran sistemastis (yang disebut diagram)) untuk menunjukkan langkah-langkah pelipatan suatu model yang dapat disebarluaskan dan dipahami oleh banyak pihak. Sistem ini adalah dasar dari Sistem Yoshizawa-Randlett yang sekarang lazim digunakan untuk instruksi lipat model origami.

 
Kanji ( dengarkan (bantuan·info)) (漢字?), secara harfiah berarti "aksara dari Han", adalah aksara Tionghoa yang digunakan dalam bahasa Jepang. Kanji adalah salah satu dari empat set aksara yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain kana (katakana, hiragana) dan romaji.

Kanji dulunya juga disebut mana (真名?) atau shinji (真字?) untuk membedakannya dari kana. Aksara kanji dipakai untuk melambangkan konsep atau ide (kata benda, akar kata kerja, akar kata sifat, dan kata keterangan). Sementara itu, hiragana (zaman dulu katakana) umumnya dipakai sebagai okurigana untuk menuliskan infleksi kata kerja dan kata-kata yang akar katanya ditulis dengan kanji, atau kata-kata asli bahasa Jepang. Selain itu, hiragana dipakai menulis kata-kata yang sulit ditulis dan diingat bila ditulis dalam aksara kanji. Kecuali kata pungut, aksara kanji dipakai untuk menulis hampir semua kosakata yang berasal dari bahasa Tionghoa maupun bahasa Jepang.

 
PENGENALAN KOMPUTER
2.1 Pendahuluan
Selamat datang di bab pengenalan komputer. Di dalam bab ini akan dibahas mengenai pengertian komputer, jenis-jenis komputer, komponen-komponen yang ada dalam sebuah komputer seperti perangkat keras dan perangkat lunak, dan juga mengenai jenis-jenis penyimpanan data yang ada sekarang ini.
2.2 Pengertian Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang artinya menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.
􀂃 Menurut Hamacher (Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
􀂃 Menurut Blissmer (Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
􀀹 menerima input;
􀀹 memproses input tadi sesuai dengan programnya;
􀀹 menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
􀀹 menyediakan output dalam bentuk informasi
􀂃 Sedangkan Fuori (Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981) berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat
Teknologi Informasi dan Komunikasi 3
tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, yaitu masukan, proses, keluaran (input devices, process device, output devices) dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
Output
Devices
Process Device
Input
Devices
2.3 Jenis Komputer
Komputer terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
1. Super komputer
Merupakan komputer yang dipergunakan untuk menampung dan melayani data dalam jumlah yang cukup besar serta mampu melaksanakan tugas-tugas yang tidak bisa dilakukan komputer berskala kecil. Komputer jenis ini biasanya digunakan badan antariksa sebagai pengolahan data ataupun perusahan-perusahan besar yang bergerak di bidang industri, misalnya industri pesawat terbang
2. Mainframe komputer
Komputer ini terdapat pada perusahaan-perusahaan berskala besar, dipergunakan untuk melayani data yang berskala massal. Salah satu contoh penggunaannya adalah dipergunakan perusahaan telekomunikasi didalam melayani pelanggannya
3. Micro komputer
Komputer ini sering dipergunakan di perusahaan kecil, terdiri dari komputer yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari, sering juga disebut sebagai Personal Computer (PC)
4 Teknologi Informasi dan Komunikasi
2.4 Komponen komputer
Komponen komputer terdiri dari beberapa perangkat, yaitu:
2.4.1 Perangkat Keras (Hardware)
Hardware dapat diartikan sebagai peralatan fisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan dan berfungsi untuk melakukan proses input (masukan) dan output (keluaran).
Perangkat keras terdiri dari:
a. Unit Pemrosesan Secara Terpusat (Central Processing Unit)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer dan berfungsi sebagai tempat untuk melakukan berbagai pengolahan data, diantaranya adalah mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
b. Perangkat masukan (Input devices)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran. Adapun perangkat masukan terdiri dari:
1
Tetikus atau ya
Teknologi Informasi dan Komunikasi 5
yang umum adalah dua tombol - masing-masing di kiri dan kanan yang bisa "diklik". Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah pointer (penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang kerja). Mouse terdiri dari beberapa jenis, seperti: 􀂃 Dual button
􀂃 There Button Klik Scroll
􀂃 Scroll Button
atau papan ketik adalah peralatan me
digunakan
mengontrol pengoperasian komputer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombo
tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf ditampilkannya di
atau simbol yang akan
monitor bila ditekan. menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus. Joystick
Joystick i
yang dapa
mundur). Joystick sangat jamak digunakan bagi aplikasi permainan (game) komputer dan tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk joystick pesawat terbang, setir mobil dan gamepad.
6 Teknologi Informasi dan Komunikasi
Output device
mengeluarkan hasil pem
ataupun pengolahan data yang berasal dari masukan kedalam CPU. Keluaran tersebut berupa suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak diantaranya adalah: Monitor
informasi
m
asukan atau input ber
Teknologi Informasi dan Komunikasi 7
diproses d
4
berfungsi m
menjadi
terkoneksi dengan internet melalui suatu jalur telepon. Kartu Jaringan Merupakan peranti komputer yang berfungsi sebag
dikenali dalam s
komputer yang akan terkoneksi ke internet melalui suatu jaringan lokal, misalnya jaringan komputer yang ada disebuah kantor, tanpa alat ini penyedia layanan internet (server) di suatu jaringan tidak dapat memberikan layanan internet. t Lunak (Software)
keras dengan pengguna. Pera
yaitu: 1. Pera
Sistem operasi merupakan perangk
dan perangkat keras yang dipergunakkan yaitu komputer. Adapun sistem operasi tersebut bersifat: 􀂃 Multiuser: dapat digunakan oleh banyak user 􀂃 Multitasking:
8 Teknologi Informasi dan Komunikasi
gunakan teks sebagai sistem,
b) grafis antar muka (GUI/Graphic Unit
)
ohnya:
2. Pera k likasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas
lah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan
m yang berfungsi membantu sistem operasi seperti yang
rti: anti virus, defragmenter, format disket, periksa
􀂃
asi yang berguna mengkonversi perhitungan yang
njadi suatu aplikasi, contoh bahasa pemrograman
Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi:
a)Sistem operasi berbasiskan teks
Merupakan sistem operasi yang meng
contohnya:
􀂃 DOS (Disk Operating System) 􀂃 Unix
Sistem operasi berbasiskan Unit
Interface
Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, cont
􀂃 Windows 􀂃 Macintosh
􀂃 Linux
ngat lunak ap
perkantoran seperti pengo
halaman web hingga perangkat media player dan sebagainya. Perangkat lunak aplikasi terdiri dari : 􀂃 Program bantu (utility) Merupakan progra
dijelaskan di atas, sepe
sistem dan sebagainya. Bahasa Pemrograman Merupakan suatu aplik
bersifat matematis me
Bahasa BASIC, COBOL, C++ dan sebagainya.
Teknologi
 
Pemicu gempa bumi adalah pergerakan dari lempeng-lempeng tektonik yang mengakibatkan permukaan bumi saling bertumpuk, retak, atau bengkok pada saat lempeng-lempeng tersebut bergerak melintasi satu sama lain.

1. Letak geografis negara Jepang yang rawan gempa
Tokyo terletak di pulau utama Honshu Jepang, yang berada pada tiga lempeng benua yaitu Eurasia, Pasifik dan Laut Filipina. Lempeng-lempeng yang perlahan bergerak dan saling bergesekan antara satu dengan yang lainnya, menyebabkan tekanan gempa di Jepang menjadi besar sehingga menimbulkan kekuatan gempa yang sangat dahsyat.
Gunung berapi dan parit samudra sekitar Cekungan Pasifik yang melingkari Jepang yang dijuluki dengan The Ring of Fire, memiliki andil sebagai penyebab tingginya frekuensi gempa di Jepang.
Jepang menyumbang sekitar 20 persen dari gempa bumi di dunia yang kekuatannya rata-rata lebih dari 6 Skala Richter, dan hampir setiap lima menit sekali terjadi.

2. Tsunami, penyebab dan akibatnya
Ketika gempa bumi terjadi di dasar laut, getarannya berubah menjadi tsunami dan acapkali lebih menghancurkan dibandingkan dengan gempa itu sendiri.
Tsunami, berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan dan gelombang. Ini bisa diartikan sebagai perpindahan jumlah air laut yang sangat besar akibat adanya gerakan hebat dari lapisan kulit bumi.
Air laut bergerak seperti gelombang dan mampu menempuh jarak yang sangat jauh dalam kecepatan tinggi, sehingga dapat menyapu daratan dan menghancurkan semua yang dilaluinya.

Faktor-faktor yang menentukan tingkat kerusakan yang disebabkan oleh tsunami adalah faktor kekuatan gempa, volume air laut yang berpindah, topografi dari dasar laut dan hambatan alami yang meredam goncangan seperti karang ataupun hutan bakau.
Perusakan hutan bakau dan terumbu karang serta pembangunan rumah atau hotel di tepi pantai terbuka dituding sebagai penyebab utama tingginya angka kematian akibat tsunami.

Kevin McCue, seorang seismolog di CQUniversity di Queensland, Australia,  mengatakan bahwa pusat gempa yang berada cukup jauh dari Tokyo yang notabene sebagai kota terpadat di dunia menguntungkan kota tersebut meskipun korban tsunami yang terjadi di Jepang kemarin cenderung tinggi.
"Pada tahun 1923 dalam gempa bumi besar Kanto yang mencapai 7,9 Skala Richter, menewaskan sekitar 147.000 orang sehingga perkiraan kami tsunami kemarin akan mengakibatkan korban yang cukup besar dan menimbulkan kerusakan yang sangat parah," katanya.
"Untungnya Tokyo berada sedikit lebih jauh di Utara dari pusat gempa dibandingkan Kanto sebelumnya, yang berarti lebih sedikit kerusakan yang terjadi di Tokyo bila dibandingkan dengan akibat gempa yang terjadi di Kanto."

    Ditulis Kembali Oleh

    Amelia Az-Zahra

    Archives

    June 2012
    March 2012

    Categories

    All
    ことば
    Berita
    Bunpou
    Ict
    Kanji
    Nihonjijou
    Origami

    Sumber/Source